Matakuliah ini memberikan pedoman mengenai tahap-tahap serta berbagai pertimbangan dalam merancang sistem biomedika. Diberikan pula pengalaman merancang (bagian) sistem biomedika melalui studi kasus dan tugas perancangan dan realisasi.
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memahami langkah-langkah dan berbagai pertimbangan dalam perancangan sistem biomedika.
- Serta menunjang capaian pembelajaran lulusan ST1, ST2, ST3, KU3-KU9, KK1-KK6, PP1, PP2, PP5.
ST1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
ST2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
ST3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. |
KU4 |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
KU8 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU9 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
KK1 |
mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem (sistem kontrol, sistem telekomunikasi multimedia, dan sistem biomedika) |
KK2 |
mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem (sistem kontrol, sistem telekomunikasi multimedia, dan sistem biomedika) melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa; |
KK3 |
mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada sistem (sistem kontrol, sistem telekomunikasi multimedia, dan sistem biomedika) |
KK4 |
mampu merumuskan solusi alternatif untuk masalah rekayasa pada sistem(sistem kontrol, sistem telekomunikasi multimedia, dan sistem biomedika) dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration); |
KK5 |
Mampu merancang sistem (sistem kontrol, sistem telekomunikasi multimedia, dan sistem biomedika), komponen dan proses sesuai dengan kebutuhan. |
KK6 |
Mampu merealisasikan (bagian) sistem untuk aplikasi medis, dan juga sistem berbasis komputer, dengan berpedoman pada pengetahuan mengenai tahapan serta berbagai pertimbangan dalam merancang sistem elektronika biomedika. |
PP1 |
menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa, sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem (sistem kontrol, sistem telekomunikasi multimedia, dan sistem biomedika) |
PP2 |
Menguasai konsep dasar tentang sinyal dan sistem; menganalisa/mengkonstruksi sinyal dan sistem waktu kontinyu maupun diskrit; memahami konsep dasar pemodelan dan kontrol sistem; memahami konsep perancangan sistem instrumentasi elektronika, sistem mikroprocessor, mikrokontroler, dan pemrograman PC serta antar mukanya; perancangan IC. |
PP5 |
Menguasai konsep anatomi fisiologi, fisika medika, metode perancangan sistem biomedika yang diterapkan pada elektronika medis modern. |
- Trainer: Ir. Lanny Agustine, ST, MT, IPM